ERTIGA DIANTARA AVANZA-XENIA

Gambar

Baru April Tahun 2012 lalu Launching, Suzuki Ertiga sudah berani menantang dua pesaingnya, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, yang sudah delapan tahun sebelumnya melenggang sendirian dipasaran Low MPV. Belum lagi baru-baru ini, Suzuki Ertiga melaunching varian barunya yaitu Suzuki Ertiga Double Blower. Menjadikan Ertiga semakin mengerti kebutuhan keluarga Indonesia. Mari kita lihat komparasi virtual dari ketiga mobil tersebut. Kita bandingkan Spesifikasi masing-masing kendaraan untuk melihat kelebihan dan kekurangannya.

DESAIN 

Dari segi desain, Suzuki Ertiga memiliki paket yang sangat menggoda konsumen. Modal pertama adalah wajah yang tampan dengan penerapan sasis dari Suzuki Swift terbaru. Memiliki body yang aerodinamis dan elegan yang disertai beberapa eksterior yang mewah seperti: Sporty Alloy Wheel, Door Handle Body Colour, Lampu depan Stylish, Lampu kabut yang lebih sporty, serta Grill depan Krom yang lebih Modern. Belum lagi pada varian baru yaitu Ertiga Double Blower, terdapat Grill Depan krom yang Stylish serta Garnis belakang Krom yang mewah yang menjadikan Ertiga semakin diminati konsumennya.

Tampangnya sepintas mengingatkan pada gacoan Suzuki lainnya, Splash. Suzuki tampaknya sukses menggabungkan elemen sporty, dinamis tanpa mengorbankan aspek elegan pada Ertiga.  MPV ini dibekali headlamp lebar dengan elemen diamond cut kecil untuk memberikan efek pencahayaan yang lebih baik bagi pengemudi dan sein di spion.

Untuk Avanza-Xenia generasi kedua sudah dapat dilihat langsung di showroom dan di jalan raya. Dibanding generasi pertama yang lahir 2004, penampilan eksterior Avanza-Xenia baru terlihat lebih segar. Hanya bagian depan, desain windscreen dengan aerodinamika yang menunjang mobil tersebut. Bila sebelumnya drag coefficient hanya 0,36, sekarang hanya 0,32. Khusus Veloz desainnya terlihat agresif, dinamis, dan kental dengan nuansa kencang. Dengan lubang udara dan grill yang lebih unggul dari produk avanza sebelumnya.

INTERIOR 

Suzuki Ertiga memiliki Interior yang mewah dan elegan yang terbuat dari material berkualitas. Dengan Panel Instrumen yang Ergonomis yang dilengkapi dengan Sistem Audio 2-DIN dengan Koneksi USB, Panel Indikator MID, serta Setir dengan Kontrol Tombol Audio, membuat Ertiga semakin terlihat lengkap dan elegan. Kabin Ertiga juga luas dan warnanya pun elegan dengan Beige-nya. Pada Baris kedua pun terdapat Sandaran Tangan yang tidak ada di Avanza-Xenia. Kursi beris kedua pun dapat digeser sejauh 240 mm, sedangkan Avanza-Xenia hanya 60 mm. Kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat sehingga dapat muat banyak barang bawaan.

Interior yang ada pada Avanza-xenia yang baru hanya terlihat lebih luas daripada model sebelumnya. Selebihnya masih sama.

MESIN, TRANSMISI, POWER-TO-WEIGHT RATIO

Suzuki Ertiga mengandalkan mesin baru yang diberi kode K14B. Jantung besin berformat 4 silinder 16 valve berkapasitas 1.373 cc ini menghasilkan tenaga 95 dk/6.000 rpm dan torsi 130 Nm/4.000 rpm. Rasio kompresinya 10:1 dengan bore x stroke sebesar 73 x 82 mm.

Sedangkan Avanza-Xenia punya mesin lebih banyak. Avanza dipersenjatai mesin 1.495 cc (3SZ-VE) dan 1.298 cc (K3-VE). Sementara Xenia selain mesin 1.298 cc (K3-VE), juga tersedia kapasitas 989 cc (EJ-VE). Untuk mesin 1.500 cc, tenaga yang dihasilkan 104 dk/6.000 rpm, dan torsi puncak 136 Nm/4.400 rpm. Sementara mesin 1.300 cc mampu menghasilkan tenaga 92 dk/6.000 rpm, dan torsi 116 Nm/4.000 rpm.

Konsumsi  BBM Suzuki Ertiga rata-rata 1 liter bensin untuk 16 km, saat dilakukan pengujian dengan pelbagai kondisi jalan. Selain itu juga ramah lingkungan. Front Wheel Drive yang membuat Ertiga setara dengan sedan, lebih responsif sehingga penggunaan BBM lebih irit.

Sementara konsumsi Toyota Avanza rata-rata 1 liter bensin untuk 12 km. Namun tentu saja, hasil konsumsi bbm Suzuki Ertiga maupun Toyota Avanza bisa berbeda tergantung kondisi jalan dan cara mengemudi.

KEAMANAN

Ertiga sudah dilengkapi rem ABS + EBD, dimana kedua piranti ABS dan EBD tersebut saling bekerja sama untuk meningkatkan keselamatan. Sensor yang berada pada setiap roda memonitor kapan roda terkunci saat pengereman. Setiap sensor memberikan sinyal ke piranti EBD untuk mengatur kapan harus melepaskan tekanan hidrolis atau memberi tekanan kembali dalam waktu singkat. Selain itu, Ertiga memiliki kantong udara SRS Dual Air Bag untuk keselamatan penumpang depan dan pengemudi. Kunci Immobilizer anti maling yang berfungsi untuk mencegah mesin mobil menyala tanpa keberadaan kunci kontak asli. Kemudian juga ada Multi Information Display dan Audio Switch pada steering wheel.

New avanza hanya dilengkapi dengan rem ABS saja. Tidak ada SRS dual air bags dan juga masih menggunakan kunci remote control. Sehingga masih memungkinkan maling untuk mencurinya.

Dari segi keamanan, Ertiga lebuh unggul daripada new Avanza karena fitur-fitur keselamatannya lebih memadai.

HARGA

Faktor penentu lainnya adalah harga mobil itu sendiri. Low-end MPV termurah saat ini masih dipegang Ertiga yaitu tipe GA single blower yang pada price listnya seharga Rp. 143juta-an. Namun jika ingin kendaraan dengan fitur yang lebih lengkap, ada Ertiga Single Blower 1.4 M/T seharga Rp 165juta-an. Untuk Ertiga Double Blower GL dibandrol harga Rp. 160-jutaan, sedangkan Type GX double blower seharga Rp. 172-Jutaan.

Harga tersebut lebih murah dibanding All New Avanza 1.5 G M/T yang harga terbarunya adalah Rp 167,4 juta. Padahal fitur dan lain-lainnya lebih baik dari Ertiga.

KESIMPULAN

Meski baru saja terjun dipasaran, Suzuki sudah dapat membuktikan bahwa Ertiga bias lebih unggul dalam hal Keamanan, Kenyamanan, Kemewahan, dan Irit. Dengan harga yang terjangkau serta sesuai dengan kantong orang Indonesia, Ertiga mampu memberikan yang terbaik bagi konsumennya. (AN-ADV)

Sumber: http://www.ertigamengertikeluarga.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s