TIPS PERAWATAN MOBIL HEMAT

Gambar

Perawatan mobil membutuhkan biaya tersendiri dan mau tidak mau harus di pisahkan pada penghasilan setiap bulannya. Merawat mobil ini sangat perlu untuk menjaga performa mobil sebagai kendaraan agar tetap prima. Mobil merupakan sarana transportasi yang seringkali digunakan oleh kita untuk melindungi  dari panas dan hujan. Sarana transportasi yang memudahkan manusia untuk pergi kemana saja dengan bantuan mesin ini merupakan suatu hal yang perlu dirawat dan dijaga kebugaran mesin mobil tersebut.

Banyaknya kecelakaan yang terjadi saat ini di akibatkan dari kelalaian pengemudi dalam mengemudikan kendaraan di jalan raya. Selain itu, kecelakaan itu diakibatkan kendaraan yang kurang prima dan itu merupakan kesalahan pemilik dikarenakan salah dalam perawatan mobil. Pada hakikatnya kerusakan mesin merupakan akibat kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil. Sehingga banyak kasus kecelakaan yang tidak jarang akibat kelalaian manusia dalam menjaga dan merawat mesin mobil mereka mulai dari Rem blong, kopling mobil, mesin mobil, suspensi mobil, ban dan lain sebagainya.

Mahalnya biaya perawatan mobil di bengkel, serta harga-harga onderdil membuat kantong tekor. Sebenarnya jika anda berusaha dan mau belajar merawat mobil sendiri asal tahu caranya akan menghemat biaya. Sebelum memulai mengambil alih peran montir untuk perawatan mobil, untuk mempermudah pekerjaan lebih baik ikuti petunjuk ini :

  • Belilah peralatan hanya yang diperlukan saja. Jangan tergiur dengan seperangkat alat mahal namun sesungguhnya tidak begitu berguna untuk mobil anda. Mulailah mengumpulkan beberapa daftar peralatan untuk perawatan dasar. Jika di kemudian hari anda akan membutuhkan peralatan baru, lama kelamaan komponen peralatan anda akan semakin lengkap dan semua dapat anda gunakan.
  • Belilah onderdil bermutu dengan potongan harga. Jangan tertipu dengan onderdil murah namun imitasi dan bermutu rendah. Jika anda pintar menawar, mintalah diskon pada toko penjualnya atas pembelian onderdil bermutu yang lebih tahan lama dan dapat diandalkan.
  • Kelompokkan pekerjaan perawatan mobil anda. Gunakan rencana perawatan yang membantu anda menggunakan waktu dengan efisien. Untuk mempermudah pekerjaan lakukanlah beberapa pekerjaan sekaligus untuk satu sesi perawatan. Contohnya ketika memeriksa oli, periksalah cairan pendingin dan cairan lain pada waktu yang sama.
  • Lakukanlah perawatan mobil anda secara rutin sebagai kebiasaan. Mobil yang terawat akan menghemat biaya dan menghindarkan berbagai kemungkinan perbaikan kerusakan yang tidak perlu

Demikian tips perawatan mobil hemat, semoga dapat berguna para pemilik mobil.

SUMBER: http://www.ertigamengertikeluarga.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s