MEMILIH KENDARAAN PRIBADI UNTUK KELUARGA

versusin3

Memiliki kendaraan pribadi merupakan impian setiap keluarga di Indonesia. Selain digunakan untuk berlibur, kendaraan pribadi juga sangat mendukung bagi kegiatan sehari-hari seperti mengantar sekolah atau pergi ke kantor. Jika harus menggunakan sarana umum, rasanya bagi mereka yang memiliki ekonomi yang cukup mapan sangatlah tidak memenuhi standar.

Akhir-akhir ini banyak sekali pilihan yang ditawarkan untuk kendaraan kapasitas 7 penumpang yang cocok bagi keluarga. Diantaranya Suzuki Ertiga dan New Avanza. Suzuki Ertiga batu saja rilis bulan April tahun lalu namun sudah banyak mencuri perhatian banyak konsumen. Sedangkan New Avanza Velos yang baru dirilis oleh toyotapun nampaknya tidak mau kalah dan masih bayak peminatnya. Jadi agar tidak salah pilih, baiknya kita melakukan perbandingan antara dua buah kendaraan yang katanya saingan berat ini.

Dalam menilai sebuah kendaraan MPV yang ada di bursa otomotif di Indonesia ini, ada beberapa hal yang patut dijadikan pertimbangan, antara lain:

Kenyamanan

Aspek kenyamanan dalam kendaraan perlu diperhatikan agar ketika berkendara kita dapat merasakan enak, nyaman, dan betah dalam kendaraan. Kenyamanan pengendara dan penumpang adalah hal penting untuk diperhatikan.

Ertiga telah memiliki fitur Driver Height Seat Adjuster, dimana pengemudi dapat mengkonfigurasi bangku pengemudi membuat posisi mengemudi menjadi lebih ekonomis dengan jangkauan dan jarak pandang yang lebih baik dan menyenangkan. Selain itu, untuk memudahkan penumpang masuk ke baris ke tiga, kursi baris kedua dapat ditekuk dan digeser sejauh 240 mm. Dilengkapi pula dengan sabuk pengaman yang dapat disesuaikan tinggi rendahnya untuk kenyamanan pengguna. Pada bangku kedua Ertiga terdapat pula Arm Rest.

Pada Avanza Velos, kursi pengemudinya terdapat pengaturan manual sliding dan reclining. Pada kursi baris kedua, dapat digeser namun hanya bisa sejauh 60 mm. Avanza veloz sudah dilengkapi dengan doble blower, sedangkan Ertiga belum ada double blowernya. Sabuk pengaman Avanza tidak dapat diatur ketinggiannya, tidak seperti ertiga.

Jadi dari segi kenyamanan, jelas sekali ertiga yang lebih unggul daripada Avanza.

Desain

Melihat desain eksterior dan interior, Ertiga mengusung desain minimalis yang ditandai dengan adanya garis kontur bodi sehingga terlihat lebih mewah dan elegan. Dengan design yang Aerodinamis membuat Ertiga terlihat mewah dan berkelas.

Panjang body Ertiga lebih panjang daripada New Avanza, sehingga interior lebih lega dan stabil. Ditambah sistem transmisi Front Wheel Drive yang disematkan pada Ertiga, memiliki keunggulan lebih baik, karena potensi berkurangnya tenaga mesin yang disalurkan ke roda lebih sedikit jika dibandingkan sistem Rear Wheel Drive pada Avanza.

Desain pada New Avanza mengusung tema modern, dinamis dan attractive. Menggunakan sistem Rear Wheel Drive atau roda penggerak belakang yang dapat lebih membantu untuk jalan menanjak, namun menjadikannya lebih boros bahan bakar. Selain itu, interior yang terlalu sederhana membuat avanza terkesan kurang lega. Apalagi kalau diisi penuh oleh penumpang.

Jadi kalau dari segi desain, lebih unggul ertiga dibandingkan dengan new avanza.

Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi  BBM Suzuki Ertiga rata-rata 1 liter bensin untuk 16 km, saat dilakukan pengujian dengan pelbagai kondisi jalan. Selain itu juga ramah lingkungan. Front Wheel Drive yang membuat Ertiga setara dengan sedan, lebih responsif sehingga penggunaan BBM lebih irit.

Sementara konsumsi Toyota Avanza rata-rata 1 liter bensin untuk 12 km. Namun tentu saja, hasil konsumsi bbm Suzuki Ertiga maupun Toyota Avanza bisa berbeda tergantung kondisi jalan dan cara mengemudi.

Dilihat dari perbandingan Suzuki Ertiga vs Avanza diatas maka, terlihat dari segi performance, Toyota Avanza sedikit lebih unggul dari Suzuki Ertiga. Ini wajar, karena kapasitas mesin Avanza 1.5 lebih besar dari Ertiga yang hanya 1.4 liter.

Keamanan

Aspek keamanan merupakan aspek terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah kendaraan. Jangan hanya melihat desain atau tampilan luar sehingga mengesampingkan keamanan.

Ertiga sudah dilengkapi rem ABS + EBD, dimana kedua piranti ABS dan EBD tersebut saling bekerja sama untuk meningkatkan keselamatan. Sensor yang berada pada setiap roda memonitor kapan roda terkunci saat pengereman. Setiap sensor memberikan sinyal ke piranti EBD untuk mengatur kapan harus melepaskan tekanan hidrolis atau memberi tekanan kembali dalam waktu singkat. Selain itu, Ertiga memiliki kantong udara SRS Dual Air Bag untuk keselamatan penumpang depan dan pengemudi. Kunci Immobilizer anti maling yang berfungsi untuk mencegah mesin mobil menyala tanpa keberadaan kunci kontak asli. Kemudian juga ada Multi Information Display dan Audio Switch pada steering wheel.

New avanza hanya dilengkapi dengan rem ABS saja. Tidak ada SRS dual air bags dan juga masih menggunakan kunci remote control. Sehingga masih memungkinkan maling untuk mencurinya.

Dari segi keamanan, Ertiga lebuh unggul daripada new Avanza karena fitur-fitur keselamatannya lebih memadai.

Harga

Faktor penentu lainnya adalah harga mobil itu sendiri. Low-end MPV termurah saat ini masih dipegang Ertiga yaitu tipe GA yang pada price listnya seharga Rp. 143juta-an. Namun jika ingin kendaraan dengan fitur yang lebih lengkap, ada Ertiga 1.4 M/T seharga Rp 165.

Harga tersebut lebih murah dibanding All New Avanza 1.5 G M/T yang harga terbarunya adalah Rp 167,4 juta. Padahal fitur dan lain-lainnya lebih baik Ertiga dibanding Avanza.

Kesimpulan

Dari semua komparansi yang dilakukan, Suzuki Ertiga memiliki rating terbaik dari semua MPV yang berada dikelasnya. Memang keunggulan yang dimiliki tak berbeda jauh dari rivalnya, namun dengan desain yang aerodinamis serta fitur yang disuguhkan oleh kendaraan yang dibuat oleh Maruti Suzuki ini seperti tombol audio di setir, head unit yang dilengkapi soket auxiliary, menjadi Ertiga sebagai kendaraan yang sangat ideal bagi keluarga Indonesia.

Aspek lainnya yang menjadi pertimbangan adalah efisiensi bahan bakar karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa di Indonesia harga per liter bahan bakar cukup mahal belum lagi biaya tol dan juga parkir yang semakin hari semakin besar saja. (AN-ADV)

Sumber: http://www.ertigamengertikeluarga.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s